Rabu, 09 November 2011

TUGAS KEDUA ILMU BUDAYA DASAR

SEJARAH RAWON
RAWON dikenal masyarakat sebagai makanan khas dari khas Jawa Timur. Hanya saja, makanan serupa juga dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (Surakarta). Jika dilihat dari sejarahnya, rawon belum memiliki asal usul yang jelas. Banyak penjual yang tidak tahu bagaimana awal mula rawon. Namun, beberapa orang mencoba berspekulasi bahwa makanan ini adalah makanan raja-raja dahulu yang justru bermula dari makanan ini adalah makanan rakyat jelata. Sebab, makanan rakyat biasanya lebih mudah menjadi popular karena menjadi bagian dari banyak kalangan.
Namun, apapun nama yang tersanding, rawon tetaplah sejenis sup dengan kuah berwarna hitam. Rawon diisi dengan daging sapi berlemak dan urat kenyal. Ia biasa dipotong kecil-kecil ataupun disuwir-suwir. Untuk melengkapinya, bisa ditambahkan tauge pendek, sambal terasi, bawang goreng, dan kerupuk-baik kerupuk udang maupun kerupuk putih.





RESEP RAWON

Bahan :
1. 500 gr daging sapi, potong dadu
2. Kaldu sapi 2liter
3. Minyak 3 sdm
Bumbu Halus :
1. Bawang merah 8 siung
2. Bawang Putih 4 siung
3. Kemiri 6 butir sangrai dulu,
4. Keluek 5 buah, ambil isinya saja
5. Garam secukupnya
6. Gula secukupnya
7. Cabai Rawit 5 buah
8. Cabai Besar merah 3 buah
9. Ketumbar 1/4 sdt
Bumbu lainnya:
1. Lengkuas 1 ruas, memarkan
2. Daun Jeruk purut 3 buah
3 Serai 1 batang, memarkan
Pelengkap :
1. kecambah /tauge
2. Kecap manis
3. Kecap Asin
4. sambal cabai
5. Kerupuk udang.
Cara Membuat :
1 Tumis bumbu halus dengan minyak, tumis sampai harum,
2. Tambahkan bumbu lainnya,tumis sebentar dan tambahkan kaldu
3. Masukkan daging dan masak hingga empuk
4. setelah matang sajikan dengan pelengkapnya beserta nasi.

GAMBAR-GAMBAR SAYA SEBELUM MENIKMATI RAWON INI




ASAL KELUARGA SAYA
Saya berasal dari medan dan tujuan saya mencicipi rawon ini adalah untuk mengetahui rasa dari rawon. dan dulu saya bertanya-tanya setiap kali saya melihat di pinggir jalan atau restoran-restoran yang menjual menu RAWON tetapi karena saya menilai namanya saja rawon seperti tawon pasti menurut saya aneh dan maka dari situlah saya tidak tertarik dengan kuliner tersebut.Tetapi karena di mata kuliah saya ini terdapat bagian tugas kuliner dengan inilah saya ingin mengetahui rasa penasaran saya dengan mencicipi rawon tersebut

MENURUT PENDAPAT SAYA TENTANG RAWON
Rasa kuah nya agak manis Aromanya sangat khas karena dibubuhi bumbu khusus yang dinamakan keluak dan Karena bumbu inilah, sup hitam ini menjadi gurih dan sedap lalu jika ditambahkan toge rasanya sedikit aneh.saya kurang suka jika di pakai toge.Rawon lebih enak jika di makan selagi panas dan juga menurut saya jika terlalu pedas rawon ini akan kekurangan rasa khas nya..

Daftar pustaka :
http://centralrecipes.com/cara-membuat-rawon-dan-resep-rawon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar